Senin, 06 April 2015

Program Edukasi dari ACIKITA

Assalamu'alaikum..!
Kali ini kami akan men-share seputar program-program yang ada di ACIKITA. Bagi yang bertanya program ACIKITA itu apa aja, sih? Nah, kami akan membahas secara singkat program-program yang ada di ACIKITA.

Untuk sekarang kami akan membahas program ACIKITA yang edukasi (education) karena program education sangat banyak! Jadi, bagi para pelajar dan mahasiswa bisa lebih mengerti akan program ACIKITA dan bisa mengikutinya.

1.           ACIKITA Counceling on Education (ACE)
Program ini, kita bisa konsultasi tentang pendidikan ke luar negeri (terutama Jepang). Jadi, kalau teman-teman ingin kuliah di luar negeri tapi bingung mau di negara mana atau kampus yang mana yang sesuai dengan kalian, bisa hubungi ACIKITA bagian ACE. Caranya mengisi formulir secara online yang bisa kalian ambil di website ACIKITA, nantinya ada staff yang akan menghubungi kalian kapan jadwal konsultasi yang disepakati dan terakhir melakukan administrasi. Konsultasi dilakukan di sekretariat ACIKITA.
Bagi teman-teman yang kuliahnya di luar negeri dan ingin berbagi informasi sekitar kuliah kalian dan lingkungannya juga bisa berbagi ke asapacikita@gmail.com atau via telepon: +81-80-3333-1327 (telp Jepang).
ACIKITA Education Fair

2.             ACIKITA Education Fair (AEF)
Program ini menghadirkan beberapa professor dari berbagai negara (yang sejauh ini profesor dari Jepang dan Malaysia), mereka akan menceritakan universitas mereka, laboratorium, bagaimana kuliah disana, porsedur dan beasiswa yang ada. AEF dilaksanakan sejak tahun 2013 bertepatan dengan event AICST dan dilaksanakan setiap tanggal 25-27 Agustus. Ada dua kegiatan di AEF yaitu AEF on High and Higher Education/Laboratory and Research Work Promotion dan AEF on Basic Education.


3.             ACIKITA Exchange Student Program (AESP)
Program ini diberikan pada mahasiswa yang ingin kuliah ke luar negeri terutama ke Tokyo Institute of Technology, Jepang. Tapi biaya ditanggung oleh peserta yang mengikuti program ini kecuali telah memiliki hubungan sebelumnya dengan universitas ini. Pendaftarannya disini, bisa juga untuk program lain. 


4.             ACIKITA Homestay Program (AHP)
Bagi teman-teman yang ingin tinggal beberapa waktu di Jepang, homestay, ingin mengetahui kehidupan di Jepang dan jalan-jalan di berbagai tempat terkenal seperti Akihabara, Ginza, Disney Land, lalu ke sekolah-sekolah yang ada disana, bisa dianggap seperti berliburan sekaligus mengenal Jepang lebih dalam. Ada berbagai persyaratan dan administrasi yang bisa kalian lihat di http://www.acikita.org/programs/program-pendidikan/acikita-homestay-program-ahp/ karena biayanya tergantung musim.


5.             ACIKITA International Conference on Science and Technology (AICST)
Nah, kalau ini ACIKITA mengadakan konferensi tentang science dan teknologi secara global.


6.             ACIKITA Indonesian Fair
Menampilkan budaya dan seni Indonesia di negara sakura sana. AIF sudah dibahas di postingan sebelumnya. Kalian juga bisa lihat di http://www.indonesianfair.acikita.org/


7.             ACIKITA International Seminar on Education (AISE)
Mengadakan Seminar internasional tentang kuliah di luar negeri dan juga pulang beasiswa dari berbagai narasumber termasuk para dosen profesor di universitas mereka mengajar.


8.             ACIKITA Learning Program
ALP terbuka menjadi 2 kegiatan, belajar langsung ke sekretariat-nya dan belajar online. Para pengajar ACIKITA akan membantu dalam belajar terutama pelajaran sekolah. ACIKITA juga membuka peluang pengajar bagi kalian semua di berbagai daerah. Untuk pendaftaran belajar maupun pengajar bisa disini


9.             ACIKITA School and Campus
ACIKITA insyaallah akan terus mendirikan sekolah dan kampus dimasa mendatang. Saat. ini sudah berdiri TK di Cibubur. Tahun 2015 ini insyaallah TK dan SD di Padang, TK, SD, dan SMP di Payakumbuh. Untuk ACIKITA Pariaman? Iya, insyaallah kita juga akan mendirikan TK dan les untuk adik-adik sekolah dasar, terutama les bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Doakan saja ^__^


10.         Fostered School Program
Sekolah binaan dari ACIKITA.


11.         ACIKITA Short Study to Japan (ASSJA)
Bagi yang ingin berkunjung ke Jepang, ingin mengenal bagaimana pengajarannya disana bisa mengikuti program ini. Waktu pelaksanaannya:
1.      Tahap 1. Bulan April;  tanggal 23-30.
2.      Tahap 2. Bulan Juni;  tanggal 23-30.
3.      Tahap 3. Bulan Oktober;  tanggal 23-30.
4.      Tahap 4. Bulan Januari;  tanggal 23-30.


12.         ACIKITA Study to Abroad Prgoram (ASAP)
Membantu anak Indonesia yang ingin kuliah S1-S3 di Jepang, begitu juga dengan anak Jepang yang ingin melanjutkan studi ke Indonesia. Lalu membantu jika kalian ingin mengadakan riset ke Jepang atau exchange. Syarat dan ketentuan serta administrasi bisa dilihat di http://www.acikita.org/programs/program-pendidikan/short-study-to-abroad-assa/


13.         Gebyar Kreasi Seni Anak Bangsa
Perlombaan yang diadakan setiap tahun, seperti lomba menggambar dan mewarnai tingkat TK dan SD.


14.         Book Reading
ACIKITA mengajak berbagai kalangan untuk menjadi volunteer dalam buku bacaan untuk PAUD, TK, SD dan komunitas. Keterangan bisa dilihat: http://www.acikita.org/programs/program-pendidikan/membacakan-buku/


15.         Book Donation
Donasi buku bacaan untuk anak-anak. Persyaratan: http://www.acikita.org/programs/program-pendidikan/sumbangan-buku/


Nah, gimana, banyak bukan programnya? Tapi tujuannya hanya satu, membangun pendidikan bangsa!
Jangan ragu untuk volunteer di ACIKITA, kapan lagi kita bisa berbakti untuk negara terutama daerah kita masing-masing? Bagi kita sebagai pelajar/mahasiswa yang utama ialah menuntut ilmu dan membagikan ilmu ke adik-adik kita.

0 komentar:

Posting Komentar